Pondok Ilmu Pengetahuan

Sunday, February 07, 2016

Ensiklopedia

‘NYAMUK DAN PERUMPAMAAN YANG LUAR BIASA”
Al-Qur’an seringkali mengajak manusia untuk menginvestigasi alam dan melihat bukti dan tanda kekuasaan Allah Padanya. Semua makhluk hidup memiliki tanda tanda ini, makanya allah merumpamakan orang yang tidak pernah melihat penciptaan allah dengan akalnya lebih rendha dibandingkan dengan makhluk hidup baik yang terkecil. terdapat beberapa hewan yang secara spesifik telah disebutkan dalam Al-Qur’an. Nyamuk adalah salah satunya. Seperti ayat dibawah ini.
“Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau lebih rendah dari pada itu” (QS 2 : 26)
Sob, ketika kita mengamai kehidupan nyamuk, kita dapat mengatakan bahwa nyamuk memiliki petualangan yang luar biasa. Secara umum diketahui tentang nyamuk adalah mereka menyerap dan makan darah.
Namun ini nggak seluruhnya benar lho. Karena nggak semua nyamuk, tapi cuman nyamuk yang betina saja yang menyedot darah. Dan kebutuhannya akan darah nggak ada kaitannya dengan makan sama sekali. Sebenarnya kedua nyamuk jantan dan betina makan cairan nectar bunga. Nah, satu satunya alasan mengapa nyamuk betina menyedot darah adalah untuk telurnya, yang diperlukan untuk berkembang dengan protein yang ada dalam darah.
Dengan kata lain, nyamuk betina menyedot darah hanyalah utuk memastikan kelangsungan hidup generasi barunya.
Fase dan proses pertumbuhan nyamuk merupakan salah satu aspek yang paling mengagumkan. Nyamuk berubah dari suatu larva menjadi nyamuk setelah melewati fase yang sama sekali berbeda beda.
Telur nyamuk yang diberi makan dengan darah diletakkan pada daun lembab atau kolam yang kering untuk proses pendewasaan. Namun sebelum ini, induk nyamukpertama kali menguji tanah secara keseluruhan dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. Yang berfungsi secagai sendor suhu dan kelembaban. Dia mencari tempat yang nyaman bagi telur telurnya. Ketika area yang sesuai ditemukannya. Ia mulai mengeluarkan telurnya, Telur telur ini disusun secara bergaris baik dalam kelompok maupun satu per satu.
Telur membutuhkan periode inkubasi untuk sempurna. Ketika periode inkubasi telah sempurna. Larva mulai keluar dari telurnya dalam waktu yang hampir sama. Telur pertama langsung diikuti oleh yang lain. Segera setelah menetas dari telurnya, mereka langsung berenang di air, Nah dalam tahap inilah kehidupan pertama nyamuk di air dimulai.
Setiap larva mempunyai peralatan menyelam di dalam. Mereka bernapas via pipa pernapasan di belakang punggungnya yang berdiri terballik didalam air. Sistem ini mungkin mirip snorkel yang dipakai oleh penyelam.
Bebrapa waktu kemudian, sebagian besar larva merubah kulitnya sekali lagi. Perubahan kulit terakhir kali ini agak berbeda dari sebelumnya. Dengan perubahan akhir ini, larva melewati fase akhir pendewasaannya.  “Fase pupa” dan mereka siap untuk menjadi nyamuk sungguhan pada akhirnya.
Saat nyamuk dalam kepompong pupa cukup dewasan dan siap terbang dengan semua organnya seperti antenna, belalai, kaki, dada, sayap, perut dan mata, kepompong pupa akan disobek diatas. namun bagian atas sobek ditutupi oleh cairan yang lekat untuk menghindari kepada dari kontak air. Nyamuk harus keluar dari air tanpa kontak langsung dengan ait. Sehingga hanya kakinya yang menyentuh permukaan air. Kecepatan ini sangatlah penting, karena angin tipis saja dapat menyebabkan kematian.
Subhanallah, kita perhatikan sekali lagi bahwa nyamuk keluat dari air ranpa menyentuhnya sama sekali. Pertanyaan muncul adalah bagaimana nyamuk pertama memperoleh kemampuan seperti ini?
Sesungguhnya binatang kecil yang dicontohkan allah diciptakan untuk memikirkan penciptaan makhluk hidup yang ada di dunia ini. Apabila orang orang yang tidak menggunakan akalnya digambarkan lebih rendah dibandingkan nyamuk.

No comments:

Post a Comment