Pondok Ilmu Pengetahuan

Monday, January 26, 2015

KESEHATAN



Ayo Konsumsi Makanan Sehat Untuk Mata

Terlahir dengan kondisi mata yang sehat dan sempurna jangan sampai membuat Anda lali dalam menjaga dan merawat indera penglihatan karunia Tuhan tersebut. Maklum saja, seiring dengan perkembangan teknologi terkadang mata kita “dipaksa” memelototi layar kopmuter seharian. Padahal tanda disadari, ada efek negative yang mengintai.

MEMBACA buku sambil tidur atau dengan penerangan seadanya serta terlalu lama menatap layar televise sering dituding sebagai biang keladi menurunnya fungsi penglihatan mata. Oleh karena itu, kebiasaan buruk yang dapat menurunkan fungsi mata sebaiknya dihindari. Mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata bisa juga Anda lakukan untuk menjada kesehatan mata.

Wortel merupakan salah satu sayur yang memiliki manfaat positif bagi kesehatan mata. Maklum saja, wortel kaya akan kandungan betakaroten dan vitamin A yang mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh mata. Selain wortel, masih ada bayam yang bagus untuk kesehatan mata. Sayuran berwarna hijau yang menjadi kesukaan salah satu tokoh kartun kesayangan anak anak ini, merupakan sumber lutein dan zeaxathin yang berfungsi mencegah degenerasi macula serta katarak pada mata. 

Sayuran hijau lain yang juga baik untuk kesehatan mata adalah brokoli. Dengan kandungan vitamin C yang dimilikinya, brokoli memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh organ penglihatan. Ubi jalar yang juga merupakan sumber vitamin C serta beta karoten, diyakini juga sangat baik dikonsumsi agar indera penglihatan dapat berfungsi optimal.

 Begitu pula dengan buah buahan sumber vitamin C seperti Jeruk yang konon dapat menghindarkan seseorang dari degenerasi macula bahkan katarak. 

Selain itu, masih ada kuning telur yang memiliki kandungan lutein serta zeaxathin yang berfungsi untuk mencegah degenerasi macula atau penurunan daya lihat seseorang pada organ matanya. Bahkan, salmon dan sarde yang kaya akan kandungan asam omega 3, sangat baik dan dianjurkan dikonsumsi demi kesehatan mata. 

Bahan bahan makanan tersebut sangat mudah didapatkan dipasaran. Oleh karena itu, tidak ada alasan Anda untuk mengonsumsinya. Jika ingin memiliki mata yang sehat, cobalah mengatur menu sedemikian rupa agar makanan tersebut dikonsumsi oleh Anda dan orang orang terdekat atau yang tersayang (AYA)

Sumber : Kompas, Selasa 30 Desember 2014

No comments:

Post a Comment