Pondok Ilmu Pengetahuan

Thursday, January 29, 2015

KESEHATAN



MELAWAN KANKER

Ketika jumlah penduduk dunia mencapai lebih dari 7 milar jiwa sekarang diprediksi lebih dari 9 miliar jiwa tahun 2050 dan dengan angka harapan hidup naik hampir dua kali lipatnya, bukan hanya kesejahteraan yang menebar. Ada penyakit penyekit non infeksi dan degenerative yang menyertain. Maka, keberhasilan memperbaiki nutrisi harus dilengkapi upaya mengalahkan berbagai penyakit ini. 

Kanker adalah salah satu penyakit tidak menular yang menurut Organisasi Ksehatan Dunia (WHO) membunuh 8,2 juta orang pada tahun 2012. Tanpa inovasi pegobatan, jumlah penderita yang meninggal akan terus bertambah mengingat kasus kanker baru akan meningkat 70 persen dua decade mendatang.

Lima kanker utama pada pria adalah kanker paru, prostat, kolorektrum, lambung, dan hati. Pada perempuan lima knker utama meliputi kanker payudara, kilorektum, paru, serviks, dan lambung. Meski 30 persen kematian akibat kanker dipicu gaya hidup dengan konsumsi makanan berkadar serat rendah, rokok, alcohol dan jarang berolahraga sehingga perubahan gaya hidup dapat menurunkan pravelansi kanker secara signifikan, kemanjuran obat anti kanker tetap menjadi tumpuan.

Sumber : Kompas

No comments:

Post a Comment